SEGELAS KASIH SAYANG KADER POSYANDU UNTUK LANSIA DAN DISABILITAS DI SIBALAYA UTARA

Palu,  (17/6/2020) Masa pandemi telah memicu masyarakat untuk memperbaiki pola hidup dan pola makan setiap hari. Sejak para ahli keseh...

Palu, (17/6/2020)


Masa pandemi telah memicu masyarakat untuk memperbaiki pola hidup dan pola makan setiap hari. Sejak para ahli kesehatan mengungkap bahwa sistim imun yang kuat adalah pertahanan pertama dan utama untuk melawan virus covid-19 semua pihak mulai berbenah. Kelompok lanjut usia (lansia) dan disabilitas disinyalir sebagai bagian masyarakat yang paling rentan akan serangan virus ini.

Meski masa pandemi mempengaruhi keadaan ekonomi sebagian besar masyarakat secara mengejutkan kader posyandu desa Sibalaya Utara, Kec. Tanambulava, Kab. Sigi malah bersemangat memberikan perhatian kepada lansia dan disabilitas. Pada Rabu 17 juni 2020 tercatat sebanyak dua ratus (200) lansia dan disabilitas mendapat masing-masing satu gelas Jamu Kunyit Asem yang diantar langusng oleh kader posyandu ke rumah mereka dengan melaksanakan protap covid-19 yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Ini support dana dari PELKESI. Kami sudah dilatih tahun lalu cara mengolah jamu dan kami sudah tahu manfaatnya. Kami mengolah  dan mengantarnya langsung ke rumah lansia dan disabilitas untuk membantu sistem imun tubuh mereka selama pandemi,” kata Ibu Zaitun (42) koordinator lapangan desa Sibalaya Utara yang telah bekerja sama dengan PELKESI sejak pasca bencana 2018.

Respon para penerima jamu ini sangat menggembirakan. “Saya sudah keempat kali ini menerima jamu dari kader dan saya lebih enak tidur,” terang Ibu Samaeda  (65). Adi (24)  menerangkan program dari Persekutuan Pelayanan Kristen untuk Kesehatan di Indonesia (PELKESI) ini dilaksanakan sebagai bentuk layanan kesehatan bagi kelompok lansia dan disabilitas yang rentan akan virus covid-19. “Dengan pembagian jamu langsung ke rumah lansia dan disabilitas, kita berharap para senior kita tetap fit badannya dan sehat selalu”,pungkas Adi sambil turut membawa jerigen berisi jamu kunyit asem bersama 10 kader posyandu Desa Sibalaya Utara.
Gambar: Pak Sudirman sedang menikmati segelas Jamu Kunyit Asem dari Kader Posyandu Desa Sibalaya Utara
(17/6/2020)
Credit Photo: Dokumentasi PELKESI-Sulawesi Tengah

Sementara itu Kepala Desa Sibalaya Utara mengaku sangat berterima kasih dan terinspirasi dengan program PELKESI bersama kade posyandu di desanya. “Ke depan kami akan upayakan ada anggaran untuk pengadaan makanan tambahan seperti jamu untuk lansia dan disabilitas seperti program PELKESI ini, agar lansia sehat selalu dan bahagia di usia senja,” katanya saat ditemui di kantor Desa Sibalaya Utara.

(Dina Mariana Lumban Tobing)


Related

Diakonia 7288857310598831166

Posting Komentar

emo-but-icon

Kabar Terhangat

Situs Web PGI

Berita Terbaru

item