Kiat Bercerita di Dunia Maya

Rumah Kita Setiap hari kita selalu memperbaharui status di akun media sosial kita tentang aktivitas yang sedang kita lakukan. Kita juga...

Rumah Kita



Setiap hari kita selalu memperbaharui status di akun media sosial kita tentang aktivitas yang sedang kita lakukan. Kita juga mengunggah foto dan menuliskan cerita singkat tentang foto tersebut. Linimasa kita juga biasanya dipenuhi berbagai tautan dan tulisan yang dibagikan orang lain. Ternyata dunia maya telah kita jadikan wadah untuk menceritakan pemikiran dan pengalaman kita sehari-hari.

Jarak yang jauh menjadi dekat karena adanya media sosial. Kita dapat bertegur sapa dengan teman-teman kita yang jauh di daerah lain. Kita juga dapat berkenalan dengan teman baru yang belum pernah kita temui secara langsung. Lewat dunia maya pula, kita dapat mengakses berbagai bacaan dan literatur yang mungkin sudah sulit kita cari di toko buku. Perkembangan teknologi informasi sangat bermanfaat memberi ruang tanpa batas bagi para penggunanya.

Namun, kita juga harus berhati-hati saat berselancar di dunia maya. Jika tidak waspada, kita dapat tergelincir dan merasakan efek negatif dari dunia maya. Dalam tulisan ini, saya akan memberikan kiat empat hal yang harus kita perhatikan saat menggunakan kecanggihan internet. Lima hal tersebut yakni:

1. Jangan Bagikan Informasi Hoax
Di dunia maya, kita akan banyak menemukan berbagai informasi yang mungkin tidak kita dapat di dunia nyata. Telitilah saat membacanya. Belum tentu semua informasi yang kita baca valid dan sesuai kenyataan. Jangan bagikan tulisan yang belum 100% benar. Dan yang paling utama, kita juga jangan ikut-ikutan membuat informasi yang tidak sahih.

2. Jangan Mudah Percaya 
Di dunia maya, kita akan dengan mudah berkenalan dengan teman baru. Berkenalan boleh, namun jangan mudah percaya dengan teman yang baru kita kenal di dunia maya. Ada begitu banyak penipuan dan tindak kejahatan yang berawal dari dunia maya. Tetap saja teman sejati adalah orang-orang yang sudah sering kita temui di dunia nyata.

3. Jangan Sebarkan Isu SARA
Bangsa kita adalah bangsa majemuk yang terdiri dari berbagai suku, agama, etnis, dan golongan. Keberagaman ini adalah keunikan dan kekayaan yang tidak dimiliki bangsa lain. Sayangnya ada saja orang-orang yang berusaha memecah belah persatuan kita dengan isu SARA yang belum tentu benar. Sebagai pengguna yang cerdas, kita harus turut menjaga keutuhan bangsa dengan TIDAK menyebarkan informasi tidak benar yang dapat memicu konflik SARA.

4. Bagikan Semangat dan Kebaikan
Teknologi informasi harus kita gunakan sebagai wadah untuk membagikan semangat dan hal positif. Kita harus menyebarkan kebaikan dan rasa optimis kepada teman-teman kita. Bagikan tulisan dan kisah inspiratif agar memberi motivasi bagi orang yang mengunjungi linimasa kita. Bisa saja tulisan yang kamu bagikan memberi perubahan dan dampak positif bagi seseorang yang kebetulan membacanya.

Demikian empat hal yang perlu kamu perhatikan saat berselancar di dunia maya. Semoga dapat memberi manfaat dan kita dapat menjadi pengguna cerdas saat bercerita di dunia maya. Tabik.

[Sahat Martin Philip Sinurat]

Penulis adalah Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) Masa Bakti 2016-2018

Related

Terkini 173971574056083471

Posting Komentar

emo-but-icon

Kabar Terhangat

Situs Web PGI

Berita Terbaru

item