Hari Pendidikan Nasional dengan Warna Berbeda

GMKI Cab. Sidikalang foto bersama dengan anak-anak di Rumah Baca Cerdas Ceria Desa Adiannangka, Siempatnempu, Kab. Dairi Dalam rangka...

GMKI Cab. Sidikalang foto bersama dengan anak-anak di Rumah Baca Cerdas Ceria
Desa Adiannangka, Siempatnempu, Kab. Dairi
Dalam rangka merayakan hari Pendidikan  Nasional, GMKI Cab. Sidikalang menyelenggarakan penyuluhan cuci tangan pakai sabun di Rumah Baca Cerdas Ceria. Rumah Baca ini dikelola oleh Mensi Situmorang (Sekretaris Cabang GMKI Sidikalang MB 2015-2016). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 2 Mei di desa Adiannangka Kec. Siempatnempu Kab. Dairi, Sumut pada pukul 16.00 Wib s/d 18.00 Wib, kegiatan ini difasilitasi  oleh 4 orang anggota GMKI Cabang Sidikalang, 30 orang anak, Mensi Situmorang selaku pemilik rumah baca dan 5 orang orangtua anak. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada anak tentang kesehatan, bagaimana menjaga kesehatan dan  hidup bersih. Kegiatan ini disambut baik oleh anak –anak yang belajar di Rumah Baca Cerdas Ceria dan orangtua,  hal ini terlihat dari semangat mereka mengajukan pertanyaan dan mengikuti setiap instruksi yang diberikan oleh fasilitator.


Esron Lumban Tobing (Ketua Cabang GMKI Sidikalang) dalam  sambutannya menyatakan bahwa anak – anak harus selalu menjaga kebersihan, di dalam ataupun di luar rumah, khususnya kebersihan diri masing – masing, mencuci tangan pakai sabun adalah salah satu cara untuk dapat menghindari penyakit yang dapat ditimbulkan oleh kotoran yang melekat di tangan kita. Rini Lumban Gaol sebagai seorang perawat menjelaskan kepada anak- anak langkah – langkah mencuci tangan pakai sabun  melalui sebuah lagu   yang berjudul “7 Langkah Cuci Tangan". 


Maruli Simbolon (Sekretaris Bidang Organisasi)  juga menjelaskan sebelum mencuci tangan, terlebih  kuku anak-anak digunting agar kuku mudah dibersihkan. Menurut  kaidah kesehatan, kuku harus digunting satu kali dalam seminggu, sehingga kotoran-kotoran yang melekat di kuku hilang.

Setelah penjelasan selesai dan semua perlengkapan telah disiapkan praktek cuci tangan pakai sabun dimulai. Anak- anak berhamburan keluar dari ruangan dan membentuk barisan di halaman. Proses cuci tangan dimulai, tiga orang menggunting kuku anak dan dua orang mengajari anak cuci tangan pakai sabun. 


Kegiatan berlangsung dengan meriah diiringi musik lagu "7 Langkah Cuci Tangan". Setelah semua anak selesai mencuci tangan, Rini Lumban Gaol menegaskan kembali agar anak – anak selalu melakukan cuci tangan dengan cara yang telah diajarkan.


Acara penutup berlangsung seru, berbagai komentar dan ucapan terimakasih mengalir dari anak–anak atas kegiatan tersebut, sambil menikmati snack anak–anak meminta agar para fasilitator sering datang ke Rumah Baca Cerdas Ceria di Desa Adiannangka. Kabupaten Dairi. Contact us by email manneriamensi@gmail.com or 082273828665

Related

Terkini 9194283881938605968

Posting Komentar

emo-but-icon

Kabar Terhangat

Situs Web PGI

Berita Terbaru

item